Rating yang membunuh karakter

Salah satu episode Black Mirror mengangkat sebuah isu yakni tentang konsep rating dimana pada suatu masa setiap orang akan punya rating dan orang lain berhak memberikan rating. Di episode itu dengan jelas ditunjukkan bahwa konsep rating sebenarnya cukup berbahaya. Kenapa ? Karena rating bisa membunuh karakter kita.

Orang bisa saja tidak peduli apa pun alasannya ketika membenci bisa-bisa memberi kita rating jelek. Dan orang lain yang baru kenal kita tentu akan merasa khawatir ketika melihat rating kita jelek padahal kita sebenarnya baik.

Akibatnya jika sistem seperti itu benar-benar ada di dunia ini, orang akan melakukan pencitraan dan tidak jujur pada diri sendiri. Mereka berlomba-lomba menjadi orang baik walau aslinya jahat. Dan orang bisa saja saling bekerja sama untuk memberi rating jelek kepada seseorang secara bersamaan.

Walaupun hal itu tidak mungkin terjadi, tetapi hal itu sudah ada sebenarnya di dunia ini. Tetapi kita mengenalnya dengan istilah personal branding. Jika personal branding kita jelek, maka kita akan dipandang jelek pada 5 detik pertama. Begitu pula sebaliknya. Bahkan orang bisa bekerja sama untuk menjelekkan persona kita dengan cara “fitnah”.

Jadi, kehidupan kita sebenarnya sudah tidak sehat. Tergantung kita yang harus memilih akan mempertahankan hubungan dengan orang yang mana dan jangan sampai salah.

Comments

Popular Posts